Konsultan sebagai Koordinator Kabupaten untuk Program Pemberdayaan Pekebun

  • Added Date: Monday, 25 September 2023
5 Steps to get a job in the United Nations

Latar Belakang Program

WRI Indonesia adalah organisasi penelitian independen yang mewujudkan ide-ide besar menjadi aksi nyata dalam hubungan antara lingkungan, peluang ekonomi, dan kesejahteraan manusia. Di WRI Indonesia, kami bertujuan untuk menghadirkan inovasi dalam penelitian dan pendekatan bisnis guna menciptakan kondisi yang memungkinkan bagi Indonesia untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat dengan tetap menghormati nilai-nilai lingkungan dan sosial. Kami berusaha untuk berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang ambisius melalui kerja sama dengan para pemimpin di sektor publik dan swasta, serta berkolaborasi dengan organisasi masyarakat sipil, dalam mewujudkan ide-ide besar menjadi tindakan.

Dalam Program Pertanian, Hutan, dan Tata Guna Lahan (AFOLU), kami membayangkan ekosistem penting seperti hutan dan lahan gambut di seluruh Indonesia akan dikelola secara adil dan berkelanjutan. Kami percaya bahwa pengelolaan penggunaan lahan yang berkelanjutan adalah kunci bagi Indonesia untuk mencapai tujuan iklimnya, sejalan dengan menjaga target iklim global di bawah ambang batas pemanasan 1,5 derajat Celcius, sembari menyediakan penghidupan berkelanjutan bagi masyarakat yang bergantung pada hutan dan melestarikan keanekaragaman hayati di lanskap. Kami bermaksud untuk mencapainya melalui perlindungan hutan dan lahan gambut yang tersisa dari deforestasi, degradasi, dan fragmentasi; menjaga kualitas hutan dan lahan gambut melalui pengelolaan yang baik; dan memulihkan ekosistem yang terdegradasi untuk meningkatkan produktivitas, nilai konservasi, dan jasa ekosistem.

Untuk menghilangkan deforestasi secara efektif dari produksi komoditas utama dan menyediakan pengelolaan yang kuat untuk hutan dan lahan gambut yang tersisa, kami bekerja sama dengan berbagai tingkat pemerintahan, sektor swasta, dan masyarakat sipil untuk mengarusutamakan prinsip rantai pasokan etis, dan mendukung masyarakat yang bergantung pada hutan untuk mengamankan hak atas tanah mereka. Kami bertujuan untuk mencapai ini melalui penelitian, advokasi kebijakan, dan pembentukan praktik komunitas untuk mengarusutamakan pengelolaan penggunaan lahan berkelanjutan.

Program Pemberdayaan Pekebun

WRI Indonesia percaya bahwa pemberdayaan pekebun kelapa sawit adalah kunci untuk memproduksi minyak sawit berkelanjutan di Indonesia. Pekebun yang berdaya memiliki kemampuan untuk mengontrol dan mengelola usaha kelapa sawitnya dengan baik dan berkelanjutan. Dengan kemampuan tersebut diharapkan kesejahteraan pekebun dan kualitas lingkungan dapat meningkat. Oleh karena itu, meningkatkan inklusivitas pekebun kecil dalam program keberlanjutan dan pemberdayaan sangat diperlukan untuk rantai pasok minyak sawit yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan di negara ini.

Berkolaborasi dengan Unilever, WRI Indonesia bertujuan untuk meningkatkan rantai pasok minyak sawit berkelanjutan dan kesejahteraan pekebun swadaya di Provinsi Riau. Hal ini dilakukan melalui serangkaian peningkatan kapasitas dan pemberdayaan. Pada tahun 2023, kami menargetkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan minimal 4.000 pekebun sawit swadaya untuk menerapkan Praktik Manajemen Terbaik (BMP) kelapa sawit guna meningkatkan produktivitas mereka.

Ringkasan Pekerjaan

Koordinator Kabupaten bertanggung jawab untuk mendapatkan dukungan program pemberdayaan pekebun kelapa sawit swadaya dari pemangku kepentingan di tingkat kabupaten, khususnya Dinas Pemerintah, Swasta, LSM, dan pihak terkait lainnya; mengkoordinasikan dan melaporkan kemajuan identifikasi dan keterlibatan pekebun di setiap kabupaten yang ditugaskan serta mengawasi fasilitator kelompok dalam melaksanakan kegiatan pelatihan dan identifikasi pekebun swadaya.

Posisi ini akan ditempatkan di salah satu kabupaten berikut: Kabupaten Pelalawan dan Siak, Rokan Hulu, dan Rokan Hilir, Provinsi Riau. Koordinator Kabupaten akan melapor kepada Riau & West Sumatera Senior Program Lead serta bekerja dengan tim Program AFOLU lainnya untuk mendukung implementasi strategi AFOLU WRI Indonesia.

Tanggung Jawab Kerja

Keterlibatan dengan Pemangku Kepentingan (50%)

  • Berkoordinasi dengan Pemimpin Program Senior Riau & Sumatra Barat, Tim AFOLU, dan Manager Smallholder Hub dalam menyelesaikan rencana kerja, output, dan pelaporan program.
  • Mengelola kemitraan di tingkat kabupaten, khususnya dengan lembaga pemerintah, swasta, LSM, dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mengembangkan pendekatan kolaboratif dalam pelaksanaan program pemberdayaan pekebun.
  • Mengidentifikasi dan melibatkan pekebun potensial untuk menjadi bagian dari program pemberdayaan pekebun.

    Manajemen Program (50%)

    • Menyusun dan menyampaikan TOR dan anggaran kegiatan sesuai dengan rencana kerja program.
    • Bekerja sama dengan pelatih-pelatih dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pelatihan.
    • Mengawasi semua kegiatan program yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas pekebun swadaya.
    • Mengawasi fasilitator kelompok dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan pertemuan rutin dengan anggota kelompok pekebun dalam rangka memenuhi kepatuhan terhadap standar RSPO.
    • Mengembangkan basis data kelompok pekebun swadaya dan anggotanya di tingkat kabupaten.

      Kualifikasi

      • Memiliki legalitas untuk bekerja di Indonesia
      • Minimum memiliki gelar sarjana, baik dalam pembangunan pedesaan, pertanian, atau kualifikasi teknis dalam bidang studi pengembangan pekebun
      • Memiliki pengalaman bekerja di sektor kelapa sawit, terutama dengan pekebun sawit swadaya, serta familiar dengan isu-isu yang berkaitan dengan produksi minyak sawit.
      • Minimal 5-6 tahun pengalaman kerja profesional terkait dengan standar keberlanjutan kelapa sawit, audit, sertifikasi pekebun swadaya, agribisnis, masyarakat pedesaan, sertifikasi komoditas berkelanjutan, izin usaha perkebunan, lingkungan, dan/atau kegiatan terkait peningkatan produktivitas pekebun.
      • Memiliki pengalaman bekerja dengan masyarakat local di Riau.
      • Memahami isu keberlanjutan lingkungan dan sosial yang mempengaruhi komoditas pertanian.
      • Memiliki pemahaman yang baik tentang Sistem Informasi Geografis (SIG) akan menjadi keuntungan.
      • Memiliki pengalaman dalam membangun jaringan hubungan dan kemitraan dengan masyarakat desa, pemerintah/otoritas, masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya yang bergerak di bidang lingkungan.
      • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan percaya diri untuk mengambil inisiatif dan membuat keputusan.
      • Memiliki keterampilan komunikasi, mendengarkan, dan interpersonal yang kuat, terutama dengan pekebun lokal.
      • Memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen proyek yang kuat.
      • Mampu dan bersedia melakukan perjalanan dan menghabiskan banyak waktu di lapangan sesuai kebutuhan.
      • Memiliki motivasi diri, berorientasi pada detail, dan pemikir logis dengan kemampuan untuk melakukan banyak tugas dan bekerja dengan baik di bawah tekanan.
      • Memiliki kemampuan untuk membuat konsep dan menyampaikan visi strategis dari spektrum pengalaman pengembangan petani kecil.
      • Memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan. Bisa berbahasa Inggris menjadi nilai lebih.
      • Memiliki kemampuan koordinasi yang baik dan semangat kerja tim.
      • Menguasai penggunaan aplikasi Microsoft Office, seperti MS. Word, MS. Excel, MS dan Power Point.
      • Memiliki keahlian berorganisasi yang baik, dengan pengalaman yang kuat dalam mengatur dan memfasilitasi pertemuan dan menulis laporan.

        Hasil Kerja

        No.

        Hasil Kerja

        Durasi

        1

        Mendapatkan dukungan dari para pemangku kepentingan di tingkat kabupaten, khususnya Dinas Pemerintah, Swasta, LSM, dan pihak terkait lainnya.

        Agustus 2023

        2.

        Mengidentifikasi dan melibatkan pekebun potensial untuk menjadi bagian dari program

        Agustus - September 2023

        3

        Supervisi pekerjaan Fasilitator Kelompok dalam legalisasi kelompok petani maupun kepatuhan legalitas individu petani (misalnya STDB, SPPL)

        Agustus - September 2023

        4

        Supervisi Fasilitator Kelompok dalam pembentukan Internal Control System (ICS) di tingkat kelompok

        Agustus - September 2023

        5

        Berkoordinasi dengan pelatih dan Fasilitator Kelompok untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas pekebun

        September – Desember 2023

        Durasi Kerja

        1 Agustus 2023 – 31 Desember 2023

        Termin Pembayaran

        Konsultan tarif harian dengan jumlah hari kerja maksimum 100 (seratus) hari untuk seluruh periode kontrak atau rata-rata 20 (dua puluh) hari kerja per bulan

        Tipe Kontrak

        Konsultan individu (Paruh waktu, durasi tertentu)

        Kompensasi

        • Tarif harian konsultan yang setara dengan pengalaman dan keahlian
        • Asuransi perjalanan baik untuk domestic maupun internasional apabila ditugaskan oleh WRI Indonesia
        • Akses terhadap jejaring global yang dimiliki oleh WRI
        • Lingkungan kerja yang menempatkan keberagaman dan inklusifitas dalam setiap pekerjaan kami

          Kandidat harus memiliki izin untuk bekerja di Indonesia.

          Kandidat terpilih bersedia untuk melakukan tes tertulis dan menghasilkan contoh tulisan apabila diminta.

          Kandidat diwajibkan untuk mengirimkan lamaran kerja melalui portal karir WRI

          Batas waktu pengiriman lamaran kerja adalah 30 September 2023, pukul 17.00 WIB. WRI Indonesia berhak untuk menutup iklan lowongan pekerjaan lebih cepat dari tenggat waktu yang ditentukan.

          Tentang kami

          Didirikan pada tahun 1982, World Resources Institute (WRI) adalah organisasi penelitian global nirlaba independen yang mengubah ide-ide besar menjadi tindakan di nexus lingkungan, peluang ekonomi, dan kesejahteraan manusia. Kami bekerja untuk mengatasi tujuh tantangan kritis yang harus diatasi dunia dekade ini untuk mengamankan masa depan yang berkelanjutan bagi manusia dan planet ini: perubahan iklim, energi, pangan, hutan, air, kota berkelanjutan, dan lautan. WRI memiliki staf global lebih dari 1.800 orang dengan pekerjaan yang mencakup 60 negara. Kami memiliki kantor di Afrika, Brasil, Cina, Eropa, India, india, Meksiko, Kolombia, dan Amerika Serikat, serta kehadiran yang berkembang di negara dan wilayah lain.

          Landasan pekerjaan kami adalah memberikan penelitian, data, peta, dan analisis berkualitas tinggi untuk memecahkan tantangan lingkungan terbesar di dunia dan pembangunan internasional serta meningkatkan kehidupan masyarakat. Kami bekerja dengan para pemimpin di pemerintahan, bisnis, dan masyarakat sipil untuk mendorong tindakan ambisius dan menciptakan perubahan di lapangan. Sama pentingnya, kami menyatukan mitra untuk mengembangkan ide-ide terobosan dan meningkatkan solusi untuk dampak jangka panjang dan bertahan lama.

          Misi dan nilai kami:

          Misi WRI adalah menggerakkan masyarakat manusia untuk hidup dengan cara yang melindungi lingkungan Bumi dan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi generasi sekarang dan mendatang.

          Nilai-nilai kami adalah cita-cita bersama yang mengikat kami bersama: Integritas, Inovasi, Urgensi, Kemandirian, Rasa Hormat.

          Budaya kami:

          WRI berkomitmen untuk memajukan kesetaraan gender dan sosial untuk kesejahteraan manusia dalam misi kami dan menerapkan prinsip ini dalam praktik organisasi dan program kami. Kami berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang sama dalam pekerjaan, kami merangkul semua keragaman dan mendorong perempuan, penyandang disabilitas, keturunan Afrika, dan masyarakat adat untuk melamar. Menyadari komitmen kuat kami terhadap kesetaraan gender, WRI juga telah mendapatkan sertifikasi EDGE.

          WRI Indonesia adalah entitas nasional (Yayasan) yang terkait dengan World Resources Institute (WRI), sebuah organisasi penelitian lingkungan global yang mengubah ide-ide besar menjadi tindakan di nexus lingkungan, peluang ekonomi, dan kesejahteraan manusia. WRI bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan di sektor sumber daya alam untuk mendukung kebijakan dan pengelolaan yang menguntungkan dan berkelanjutan. WRI bekerja dengan para pemimpin di lebih dari 50 negara selama lebih dari 30 tahun, dengan kantor di Brasil, Cina, Eropa, India, india, Meksiko, dan Amerika Serikat.

          Diluncurkan pada awal 2014, WRI Indonesia melanjutkan sejarah 10 tahun WRI di negara ini, dan memperkuat dampak kami di lapangan. Dalam jangka pendek hingga menengah, WRI Indonesia bertujuan untuk memperluas kehadiran dan portofolionya untuk memasukkan proyek-proyek dalam program iklim, energi, serta kota dan transportasi.

Recommended for you